Cari di Sini

Jumat, 25 April 2014

Membangun Kandang Penangkaran yang Nyaman

Kali ini saya ingin menunjukkan suasana kandang penangkaran murai batu milik Chris NG. Semoga bisa mengilhami atau memberi gambaran tentang bagaimana kandang penangkaran dibuat. 


Sebenarnya model kandang penangkaran sangat bervariasi, tergantung selera pemilik, kondisi lahan, lingkungan, dan kemampuan. Ada kandang penangkaran yang bahkan menggunakan sangkar gantung karena tempat yang sangat terbatas. Ada juga kandang penangkaran yang ukurannya minimalis 1 x 1 meter persegi. 

Meski demikian, semua tergantung dari si burung. Kalau memang burung mau produksi, tentu tidak masalah penangkaran dilakukan dengan sangkar gantung biasa. Namun kalau kita ingin membuat kandang penangkaran yang nyaman, buatlah yang cukup lebar, sekitar 1 x 2 meter persegi. Semakin lebar tentu murai akan semakin betah. 

Tentang bagaimana isi kandang penangkaran, tentu sobat semua sudah tahu. Beri tempat air untuk mandi, beri pepohonan untuk peneduh, beri pakan yang cukup dan ekstra pakan seperti jangkrik dan serangga lain dalam jumlah yang cukup. Perhatikan pula kebersihan kandang. Semoga penangkaran Anda sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar